Contoh Kasus Segitiga Restitusi
Kasus 1: tidak memakai atribut seragam pramuka (hasduk)
Guru: Aira kamu tahu kenapa Bapak panggil?
Murid: iya Pak tahu karena saya tidak memakai hasduk
Guru: Apa alasanmu tidak memakai hasduk nak?
Murid: saya lupa Pak karena saya terburu-buru takut terlambat mengikuti ulangan harian matematika
Guru: jadi seperti itu alasannya, baiklah bapak mengerti karena lupa itu wajar, sebagai manusia memang sering lupa apalagi jika terburu-buru. Bapak sering lupa juga namun jangan sampai terulang lagi ya... Alasanmu benar Aira karena tidak ingin telat dalam mengikuti ulangan matematika itu bagus. Apakah kamu tahu mengenai keyakinan kelas yang sudah kita sepakati bersama mengenai seragam sekolah?
Murid: ya pak... Saya tahu. Bahwa memakai dasi pada hari Senin dan selasa, memakai hasduk pada hari Jumat dan sabtu.
Guru: apakah keyakinan kelas tersebut harus dan perlu kita laksanakan?
murid: iya pak harus dilakukan
Guru: lantas bagaimana cara akhirnya supaya keyakinan kelas itu bisa kita terapkan?
Murid: saya akan mempersiapkan semua kebutuhan dan perlengkapan saya dengan baik dan lebih awal agar tidak ada yang terlupakan. Saya juga harus bangun dan bersiap ke sekolah lebih awal agar tidak terburu-buru lagi.
Guru: bagus..... Bapak harap Aira tidak akan lupa lagi
Murid: siap Bapak
Guru: baiklah kalau begitu sekarang Aira boleh kembali lagi ke tempat duduk
Murid: Baik pak Terima kasih wassalamualaikum
Kasus 2: Pembobolan Soal Google form saat SAS
Guru : Menyapa Rifki "assalamualaikum"
Murid : waalikum salam
Guru : apakah Rifki tahu mengapa bapak panggil?
Murid : tidak pak
Guru : ada laporan dan ini untuk masuka pada riski tentang aktifitas pembobolan soal google form. Siapakah yang membobol itu
Murid : saya pak
Guru : wah hebat padahal bapak sendiri belum tahu itu Rifki
Murid : Rifki menjelaskan dengan detai kronologi kejadian dan alasan dia akhirnya memberi tahu pak Abdulloh selaku guru
Guru : Menjelaskan dengan ketakutan tentang nilai dan peran Niali dalam pendidikan. Kemudia menyakan tentang kesepakatan kelas.
Murid : Menjelaskan
Guru : apakah butuh keyakinan kelas ini?
Murid : butuh dan penting pak
Guru : bagaimana cara menerapkannya?
Murid : Menjelaskan kembali dan memberi masukan
Guru : bagus terima kasih atas masukannya dan hal ini kami akan diskusikan dengan guru yang lain
Murid : terima kasih bapak
Videonya seperti berikut :
wah keren skli, saya belajar banyak dari penerapan segitiga restitusi.
BalasHapusTerima kasih banyak ibu
Hapus